Home » » Apa pengertian amar ma'ruf nahi munkar?

Apa pengertian amar ma'ruf nahi munkar?

 Amar ma'ruf nahi munkar, kalimat bahasa arab yang telah meng-Indonesia. Asalnya adalah (Al-Amru bil ma'ruf wan Nahyu 'anil munkar)
Memperhatikan berbagai kamus bahasa arab seperti :

1. Lisanul 'Arab karya Asy-Syeikh Abu Al-Fadhl Jamaluddin ibnu Mukrom ibnu Manzhur Al-Mishri rhm.

2. Al-Qamus Al-Muhith karya Asy-Syeikh Majduddin Muhammad ibnu Ya'qub Al-Fairuzabadi rhm.

3. Al-Mu'jam Al-Wasith karya Lembaga Bahasa Arab Mesir

4. Ar-Raid karya Jubron Mas'ud

5. Qamus Al-Murbawai karya Al-Ustadz Muhammad Idris 'Abdurro-uf Al-Murbawi.

6. Kamus Arab-Indonesia karya Prof. H. Mahmud Yunus.

7. Kamus Al-Munawwir karya Al-Ustadz Ahmad Warson Munawwir.

8. Al-Munjid karya Louis Ma'luf yang terus dikembangkan oleh Lembaga Katholik Libanon.

Maka berikut ini kami simpulkan pengertian amar ma'ruf nahi munkar secara ringkas :

Al-Amru artinya menuntut pengadaan sesuatu, sehingga pengertianya mencakup; perintah, suruhan, seruan, ajakan , himbauan serta lainnya yang menuntut dikerjakannya sesuatu.

Sedang Al-Ma'ruf artinya sesuatu yang dikenal baik (kebajikan), yaitu segala perbuatan baik menurut Syari'at Islam dan mendekatkan pelakunya kepada Allah SWT. Jadi Al-Amru bil Ma'ruf artinya adalah menuntut mengadakan segala kebajikan.

An-Nahyu artinya mencegah  pengadaan sesuatu, sehingga pengertiannya mencakup; melarang, menjauhkan, menghindarkan, menentang, mengancam, melawan, peringatan, teguran, menyudahi serta lainnya yang mencegah dikerjakannya sesuatu.

Sedang Al-Munkar artinya sesuatu yang diingkari (kemunkaran), yaitu segala perbuatan munkar menurut Syari'at Islam dan menjauhkan pelakunya daei pada Allah SWT. Jadi An-Nahyu 'anil Munkar artinya adalah mencegah mengadakan segala kemunkaran.

Dalam istilah fiqih, amar ma'ruf nahi munkar biasa disebut (Al-Hisbah). Lihat Mu'jam Lughoh Al-fuqaha karya guru saya tercinta, Prof. DR. Muhammad Rowwas Qol'ahji, Guru Besar Fiqih di King Saud University, Riyadh-Saudi Arabia. Lihat pula Al-Qamus Al-Faqho, karya Asy-Sayikh Sa'di Abu Jaib, serta Ensiklopedi Islam terbitan PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.

Dengan demikian secara sederhana maksud istilah "Amar ma'ruf nahi munkar" yang telah meng-Indonesia tersebut adalah menyerukan kebajikan dan mencegah kemunkaran.

Hasil investigasi di lingkungan

0 komentar:

Posting Komentar

#KamiBersamaHRS


Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.