Home » » ISLAM "Solusi Total"

ISLAM "Solusi Total"

Ketika krisis menimpa suatu negeri, bahkan menimpa umat manusia di dunia ini, umat islam harus mengambil peran dan menawarkan konsep islam untuk memberi solusi terhadap krisis, apalagi bila krisis itu disebut krisis multi dimensional. Dalam hal ini, Imam Syahid Hasan Al Banna menyatakan, "Al-Qur'an menawarkan penyelesaian terhadap berbagai persoalan dengan jelas dan rinci sehingga bangsa manapun yang mau mengambilnya sebagai landasan hidup, niscaya ia akan memperoleh apa yang diinginkannya".
Sebagai agama yang syamil (menyeluruh) dan kamil (sempurna), Islam memberikan konsep-konsep dasar bagi penyelesaian krisis multi dimensional yang ,menimpa umat manusia di suatu negeri. Konsep-konsep dasar itu akan kita bahas dalam tulisan yamg singkat ini.
Islam dan Pembangunan Optimisme
Salah satu persoalan yang amat mendasar bagi manusia untuk bisa keluar dari krisis adalah; apakah masyarakat itu masih memiliki rasa optimis atau tidak untuk bisa keluar dari krisis. Itu berarti, rasa optimis ini menjadi sesuatu yang amat penting dan islam merupakan manhaj yang bisa menumbuhkan sikap optimisme untuk mengatasi berbagai persoalan hidup. Karena itu islam tidak membenarkan manusia berputus asa dari kemungkinan meraih kehidupan yang lebih baik, bahkan Al-Qur'an ,menyebutkan bahwa orang yang tertindas di muka bumi ini akan diangkat oleh Alloh dari ketertindasan, Alloh berfirman yang artinya : "Dan kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi itu dan hendak menjadikan mereka pemimpin serta menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi.
(QS. Al Qashas 28:5)

0 komentar:

Posting Komentar

#KamiBersamaHRS


Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.